Download! Download Soal Latihan, Kisi-kisi, & Software CAT Terbaru

Pendaftaran CPNS 2017 Akan Dibuka 1 Agustus

CPNS.CO.ID, JAKARTA – Pendaftaran Calon Aparatur Negeri Sipil (CANS/CPNS) 2017 di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM akan dibuka mulai 1 Agustus 2017. Ada setidaknya 19.210 kursi yang akan diperebutkan oleh para pelamar CPNS.

Kepala Biro Hukum Komunikas Informasi Publik (HKIP) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman mengingatkan kepada calon pelamar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pendaftaran CPNS secara online ini.

“Mulai Selasa, 1 Agustus 2017 calon pelamar diminta melakukan pendaftaran online melalui situs resmi https://sscn.bkn.go.id dengan mengisi formulir yang sudah disediakan menggunakan data kependudukan valid yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau NIK pada Kartu Keluarga (KK) serta Nomor KK,” ujar Herman, Kamis (27/7).

Setelah melakukan pendaftaran online dan mendapatkan Kartu Pendaftaran Registrasi online, selanjutnya, bagi pelamar di lingkungan MA diharuskan juga mengirim surat lamaran tertulis serta melampirkan beberapa berkas, salah satunya dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online yang telah didapatkan sebelumnya.

Surat lamaran ditulis tangan menggunakan tinta hitam, ditandatangani di atas materai Rp 6.000 dan ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI. Kelangkapan berkas lainnya yang perlu disiapkan adalah fotokopi KTP, fotokopi ijazah, transkrip nilai yang sudah dilegalisir, surat keterangan akreditasi kampus dari BAN PT, dan juga pas foto terbaru ukuran 4 x 6cm sebanyak 4 (empat) lembar dengan background merah yang telah dituliskan nomor registrasi online serta nama pelamar di belakang foto tersebut.

“Berkas-berkas tadi dimasukkan dalam amplop coklat dan di pojok kanan atas amplop ditempel potongan nomor pendaftaran online. Selanjutnya dikirim ke Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI via POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat dikirim 26 Agustus 2017 cap pos dan maksimal diterima 31 Agustus 2017,” bebernya.

Untuk pelamar di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM juga dapat melakukan pendaftaran melalui sistem online, sama seperti pelamar CPNS MA.

Pelamar CPNS dengan kualifikasi pendidikan D-III dan SLTA, wajib mengirim surat lamaran yang diketik dengan komputer ditujukan kepada Menteri Hukum & HAM di Jakarta. ┬áDitandatangani menggunakan pena bertinta hitam dan bermaterai Rp 6.000 dengan format surat lamaran yang bisa di-download di https://sscn.bkn.go.id, fotokopi KTP, fotokopi ijazah/STTB, SD, SLTP dan SLTA, surat pernyataan dengan materai Rp 6. 000,-, pas foto 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar bagi kualifikasi D-III dan SLTA/Sederajat, serta lembar bukti pendaftaran.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *